Minggu, 15 Januari 2017

Resep Membuat Italian Pizza Yang Lezat

Siapa yang tak kenal pizza? Makanan berbentuk roti lebar yang disiram dengan berbagai pilihan toping ini memang menu yang pas untuk siapa saja. Yang paling disukai orang-orang dari pizza adalah lelehan dari sticky.

italian pizza dengan saus balado, doc. pribadi
Pizza memang bukan menu asli Indonesia. Pizza baru mulai populer di Indonesia ketika “PizzahHut” membuka gerai pertamanya di Indonesia tahun 1984. Sampai sekarang perusahaan yang memperkenalkan pizza dengan American style itu menjadi icon pizza di Indonesia. Meskipin sudah banyak restoran pizza yang bermunculan di Indonesia, orang-orang cenderung masih menbandingkannya dengan jenis pizza yang ada di Pizza Hut.


Secara umum, pizza yang beredar di Indonesia saat ini ada dua jenis, yaitu :
  • American Pizza, adalah pizza yang berasal dari peradaban Amerika. Ciri-ciri khas pizza ini adalah rotinya yang tebal, serta dough (adonan)nya yang dibuat lembut menyerupai jenis roti yang umum. Topingnya dominan menggunakan daging.

  •   Italian Pizza, adalah pizza yang berasal dari kebudayaan Italia. Pizza ini dapat ditandai dengan rotinya yang tipis dan garing. Meskipun di Indonesia toping pizza ini lebih variatif. Sebenarnya di daerah asal mereka, pizza Italia lebih banyak disuguhkan dengan toping Sayur-sayuran. Karena daging biasanya diolah terpisah untuk sama sama disuguhkan saat makan.
Pizza semakin digemari dan restoran pizza pun mulai menjamur. Namun tidak ada salahnya kita membuat pizza sendiri di rumah. Karena proses pembuatannya terhitung simpel, terutama pizza Italian style. Bahan-bahan untuk membuat pizza sebenarnya juga merupakan bahan-bahan yang umum kita gunakan sehari-hari.
italian pizza dengan saus black pepper, doc. pribadi

Italian pizza yang tidak sepopuler American Pizza ternyata proses pembuatannya lebih gampang dibandingkan Pizza ala pizza hut itu lo. Teman-teman bisa mencobanya di rumah dan membuat doughnya sendiri. Bahan utama membuat dough pizza sama, yatiu tepung terigu, ragi kering, baking powder, mentega, gula, garam dan air dingin. 
Nah, berikut saya berikun tips untuk menghasilkan Italian Pizza yang lezat dan crispie:
  1. Aduk adonan sampai benar-benar kalis dan liat. Karena jika ada sebagian adonan yang tidak sempurna menyatu akan menghasilkan roti pizza yang tidak bagus. Jika perlu tambahkan sedikit minyak sayur untuk menjaga elastisitas adonan. Jika hanya sedikit, anda bisa mengaduknya secara manual dengan tangan.
  2. Tambahnakn sedikit fresh milk. Kurangi jumlah air yang biasa anda campurkan dengan adonan. Ganti dengan fresh milk (sekitar ¼ dari jumlah air saja). Hal ini akan membuat roti pizza anda sedikit lebih lembut, tapi tetap garing sebagaimana layaknya Italian pizza. Ingat, cukup seperempat dari jumlah air saja yang anda ganti. Jika lebih, roti pizza anda akan terlihat sama saja dengan American pizza.
  3. Padu padankan saus dengan toping yang tepat. Misalnya saus marinara yang khas bisa anda padukan dengan toping daging ayam, sosis, baby bayam dan terung grilled. Tapi varian jamur mungkin lebih cocok anda padukan dengan cream sauce.
  4. Sisakan pinggiran yang cukup. Jangan melapisi seluruh adonan roti dengan saus dan toping. Sisakan sekitar 1 cm pinggiran. Nanti pinggiran ini selain membuat pizza semakin garing juga membuat penampilannya lebih menarik.
  5. Taburkan mozarella dengan komposisi yang ssesuai. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Jika terlalu banyak pizza Italia akan “loyo”, jika terlalu sedikit tenntu akan berkurang gurihnya. Perbandingannya adalah kira-kira seperti ini, jika pizza diberikan saus 2 sdm, maka taburi mozarella yang sudah diparut 1 sdm.
  6. Jangan lupa taburkan beberapa herbs dari italian seasoning yang sudah dicincang supaya pizza anda lebih harum. Aku biasanya menggunakan oregano.
  7. Perhatikan suhu oven. Untuk memanggang pizza suhu yang sesuai adalah sekitar 200’ C.   


Itu tadi 7 tips untuk menghasilkan pizza Italia yang lezat dan gurih. Silahkan dicoba dan selamat berkreasi.
 

5 komentar:

Ayo, tinggalkan jejak... :)