Jumat, 16 Desember 2016

Tinggal di Apartemen : Pilih Sewa Atau Beli Penuh

Ilustrasi apartemen dari infobisnisproperti.com

Peradaban manusia selalu berkembang dari masa ke masa. Jika pada masa sejarah dan prasejarah pusat peradaban berada di sekitar sungai, di zaman modern sekarang tidak demikian lagi. Namun satu hal yang tidak berubah adalah persebaran penduduk tetap berpusat pada wilayah industri dan pemerintahan. Meskipun para ahli antropologi sepakat bahwa wilayah industri sebaiknya tidak tumpang tindih dengan wilayah pemerintahan, namun tetap itu yang terjadi. Daerah yang menjadi pusat pemerintahan juga menjadi pusat industri dan pusat pendidikan. Akibatnya bisa ditebak, kepadatan penduduk.

 Bahkan di tingkat tertentu, suatu kota kekurangan "lahan" untuk membangun pemukiman. Sehingga pemukiman penduduk yang biasanya berbentuk deretan perumahan mulai berubah menjadi hunian vertikal, yaitu apartemen. Di kota-kota besar orang-orang lebih suka untuk tinggal di apartemen. Salah satu penyebabnya adalah terbatasnya pilihan untuk tinggal di hunian biasa. Namun itu bukan satu-satunya alasan, karna di kota metropolis itu kita tetap bisa menemukan perumahan untuk dibeli atau disewa.


Orang-orang cenderung memilih apartemen juga disebabkan karena fasilitas yang ditawarkan juga lengkap. Biasanya di satu gedung apartemen sudah terdapat tempat fitness, mall atau cafe. Keamanan di apartemen juga lebih terjamin, karena selalu diawasi CCTV. Developer juga sudah menyediakan tim keamanan dan tim administrasi serta resepsionis di tiap gedung apartemen. Selain itu developer biasanya juga menawarkan apartemen yang full furnitur. Jadi penyewa tinggal menghuni apartemennya saja, tanpa harus memikirkan peralatan di apartemennya. Tapi tentu saja fasilitas-fasilitas ini setara dengan harganya yang cukup mahal, penghuni apartemen juga harus membayar biaya perawatan bulanan yang juga cukup mengorek kantong.

Namun jika anda adalah profesional yang tidak memiliki masalah dengan dana, tinggal di apartemen adalah pilihan yang tepat. Pertanyaannya sekarang adalah apakah sebaiknya anda cukup sewa apartemen saja atau beli penuh? Berikut akan saya berikan beberapa pertimbangannya.

Sebaiknya anda sewa apartemen saja jika mengalami kondisi sebagai berikut :
  • Anda tidak akan menetap selamanya di kota tempat anda akan tinggal di apartemen. Misalnya saja bagi mahasiswa yang hanya menetap di sebuah kota untuk menuntut ilmu saja. Maka menyewa apartemen adalah pilihan yang tepat.
  • Dana yang anda miliki belum cukup untuk membeli penuh sebuah apartemen. Meskipun saat ini banyak developer yang jual apartemen dengan sistem kredit, tetap disarankan bagi anda untuk menyewa saja dulu. Sembari menyiapkan tabungan untuk membeli penuh atau membayar DP.
  • Anda masih berstatus lajang. Jika masih lajang, sebaiknya cukup menyewa apartemen saja. Karena ketika berkeluarga nanti anda juga harus mempertimbangkan tempat hunian dengan pasangan.
`Namun bila kondisi anda sebagai berikut, sebaiknya anda segera mencari apartemen dijual untuk dibeli penuh :
  • Dapat dipastikan anda akan menetap lama di kota tempat tinggal sekarang. Daripada menyewa dalam waktu yang lama, lebih baik anda membeli saja.
  • Anda punya dana yang cukup untuk membeli apartemen. Jika sudah ada dananya langsung saja di beli. Jika nanti suatu saat anda harus pindah, apartemen itu bisa dijadikan sebuah investasi.
  • Anda sudah berkeluarga. Cukup tidak cukup dananya, jika sudah berkeluarga anda harus menghindari sewa apartemen. Jika tetap ingin tinggal di apartemen, sebaiknya anda mulai memilih tawaran kredit apartemen yang paling menguntungkan. Jangan ragu untuk survey ke beberapa developer atau Bank yang akan anda ajukan kreditnya,
Demikian beberapa saran dari saya bagi anda yang ingin tinggal di apartemen. Semoga bisa membantu anda untuk memilih, lebih baik menyewa apartemen atau beli penuh.

2 komentar:

  1. Saya akan pindah ke jkt, biaya sewa apartemen berapaan tak? Cocoknya nyewa apartemen tuh bareng temen, jd ga terlalu mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mampir ke web www.sewa-apartemen.net mas. Disana infonya lengkap

      Hapus

Ayo, tinggalkan jejak... :)