Selasa, 06 Desember 2016

Pengertian Fotografi Makro



Dalam ilmu fotografi ada banyak teknik yang bisa dilakukan untuk menghasilkan gambar yang sempurna. Yang paling mendasar adalah pengaturan fokus, lensa dan lighting. Salah satu teknik yang bisa anda lakukan adalah fotografi makro.

Pengertian fotografi makro adalah teknik fotografi dengan menangkap objek dari jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi tanpa bantuan alat pembesar optik seperti mikroskop.Ukuran objek yang terekam dalam foto melalui fotografi makro sama dengan objek aslinya. Jadi untuk film berukuran 35 mm, anda harus membidik objek dengan fokus pada bidang 24 x 36 mm untuk mendapatkan objek yang sama dengan ukuran asli.


Untuk melakukan fotografi makro biasanya digunakan lensa makro yang memiliki perbesaran 1 : 1 atau bahkan lebih. Tapi sayangnya harga lensa makro cukup mahal. Bagi pemula yang baru menekuni fotografi mungkin bisa mencoba beberapa trik lain untuk melakukan fotografi makro. Berikut ada beberapa tips untuk melakukan fotografi makro tanpa menggunakan lensa makro yang bisa anda coba :
  • Filter Close Up,  adalah filter biasa yang dipasang dideapn lensa yang berfungsi seperti kaca pembesar untuk memperbesar fokus pada objek foto. Dengan menggunakan filter ini anda juga bisa melakukan fotografi makro, walaupun tanpa lensa makro. Namun detail yang dihasilkan tidak sekomplit jika anda menggunakan lensa makro.
  • Menggunakan Reverse Ring. Reverse ring adalah sejenis alat bantu untuk menyatukan badan kamera dengan lensa yang dibalik. Jadi cara kerja teknik pada dasarnya adalah dengan membalik lensa untuk menghasilkan gambar yang lebih besar.
  • Makro Extensien Cube, adalah alat bantu berbentuk pipa yang dipasang antara lensa dan badan kamera. Tujuannya adalah untuk menghasilkan fokus yang lebih besar. Sehingga dapat memotret benda-benda mikro dengan detail menyerupai aslinya.
Contoh foto makro yang mendeta

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian fotografi makro dan beberapa tips untuk melakukan fotografi makro. Fotografi makro selain berguna untuk memotret benda-benda mikroskopis, juga sangat bermanfaat jika diaplikasikan pada food fotografi.Bagi seorang food blogger tentu sangat berguna. Dengan teknik fotografi makro kita bisa mengambil sudut pandang lain dalam fotografi makanan. Semoga bermanfaat ^_^

Sumber gambar :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo, tinggalkan jejak... :)