Jumat, 25 November 2016

Tips Mengungkep Ayam





Apa kabar teman-teman, sudah ada rencana mau masak apa hari ini? Supaya tetap semangat di awal pekan, saya rekomendasikan untuk menyiapkan masakan dari olahan ayam. Ada banyak olahan ayam khas nusantara yang bisa teman-teman coba. Misalnya Ayam rica-rica, ayam bakar kalasan atau ayam goreng lengkuas. Masakan bercita rasa kuat ini dijamin bisa membangkitkan semangat anggota keluarga anda melakukan aktivitas.

Apapun jenis olahan yang teman-teman pilih, pastikan untuk mengungkep ayamnya terlebih dahulu ya. Mengungkep merupakan salah satu cara memasak yang menggunakan teknik slow cooking. Yaitu salah satu teknik memasak dengan menggunakan api kecil dan waktu yang cukup lama untuk membuat bumbu meresap. Mengungkep ayam harus dilakukan dengan benar dan tepat. Karena kesalahan dalam mengungkep ayam akan berpengaruh pada hasil masakan. 



Berikut ini saya bagikan tips dan cara mengungkep ayam yang benar :

1.      Siapkan bahan-bahan terbaik  yang akan digunakan untuk mengungkep

Rempah-rempah yang biasanya dipakai untuk mengungkep ayam adalah bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, kemiri dan ketumbar. Pilihlah bahan-bahan yang masih segar, kemudian haluskan sampai benar-benar halus. Sangat dianjurkan untuk menggunakan ulekan. Bumbu yang dihancurkan oleh batu ulekan menghasilkan aroma yang lebih sedap.

2.      Rebus bumbu dengan air secukupnya

Air yang digunakan untuk mengungkep ayam cukup untuk merendam semua potongan ayam saja. Jangan sampai berlebihan. Tanda-tanda air jumlah air yang pas bisa dilihat dari kekentalan air ungkepan. Air ungkepan yang bagus harus kental dan tidak jalang.

3.      Didihkan dulu air beserta bumbunya, baru masukkan ayam

Pada tahap ini, tidak apa-apa jika teman-teman menggunakan api besar. Tapi begitu air ungkepan menddih segera kecilkan apinya. Baru masukkan potongan daging ayam. Biasanya potongan tertentu akan lebih cepat masak dari bagian lainnya. Misalnya potongan paha matang lebih dulu dari potongan dada ayam. Karena itu jika teman-teman mengungkep dalam jumlah banyak, bagi saja dalam dua tahap. Silahkan ungkep bagian paha terlebih dahulu. Atau jika mengungkep secukupnya saja, pastikan untuk membalik dan mengangkat bagian paha lebih dulu.

4.      Tutup panci saat mengungkep ayam.

Tujuannya agar sari-sari bumbu yang menguap ke udara terperangkap oleh tutup panci dan kembali meresap ke dalam daging ayam. Hal ini juga menyebabkan ayam masak secara merata.

Silahkan praktekkan tips diatas untuk menghasilkan olahan daging ayam yang lezat. Berikut ini juga rangkum kesalahan saat mengungkep ayam yang harus teman-teman hindari.
  • 1.      Bumbu tidak digiling sampai halus, akibatnya enzim penghasil cita rasa dan aroma di dalmnya tidak keluar sempurna dan susah meresap ke dalam ayam.
  • 2.      Kombinasi bumbu yang tidak tepat. Misalnya kelebihan kunyit atau kekurangan bawang putih. Akibatnya rasa ayam ungkep kurang maknyoss. Komposisi yang dianjurkan adalah jumlah bawang-bawangan dua kali lipat dari jumlah bumbu-bumbu yang berbentuk rizoma (jahe, lengkuas, kunyit).
  • 3.      Langsung memasukkan ayam sebelum air ungkepan mendidih. Akibatnya bumbu halus dan air tidak menyatu sempurna. Yang menyebabkan bumbu tidak meresap merata ke dalam ayam. Sehingga kadang-kadang ditemukan potongan ayam yang bagian sebelahnya kuning (bumbu meresap) sementara bagian lainnya masih pucat (bumbu tidak meresap).
  • 4.      Menggunakan api besar.Akibatnya ayam matang di luar tapi masih mentah di dalam. Pada kasus tertentu kadang-kadang ayam masih berdarah di dalamnya. Padahal di bagian luar sudah matang.
  • 5.      Menggabungkan potongan ayam yang tidak sama besar. Akibatnya potongan tertentu ada yang over cook. Ditandai dengan dagingnya gampang mengelupas dan nyaris hancur.
Semoga tips dari kami ini bisa bermanfaat untuk teman-teman di rumah. Untuk lebih praktis lagi, teman-teman bisa mengungkep ayam dalam jumlah cukup banyak di awal bulan. Ayam yang telah diungkap bisa disimpan selama beberapa minggu dalam freezer. Teman-teman cukup mengeluarkan seperlunya saja untuk dimasak pada hari itu.
Selamat mencoba 

Sumber Gambar :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo, tinggalkan jejak... :)