Sabtu, 29 Agustus 2009

Proklamasi, Merdeka ditengah Ramadan

Tanpa terasa sudah seminggu kita melakukan ibadah ramadan. Artinya udah seminggu ni juga kita duel dengan yang namanya hawa nafsu. Mudah-mudahan jadi pemenang. Tapi ngomong-ngomong soal kemenangan jadi ingat kemenangan-kemenangan apa saja yang pernah terjadi di bulan suci ini.
Yang paling diinget nih, yang baru aja berlalu beberapa minggu terakhir. Yap, tepat banget kalo yang kita bahas ini adalah proklamasi kemerdekan bangsa Indonesia. Delapan windu yang lalu, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamirkan kemerdekan Indonesia. Dan mereka sedang melakukan ibadah saum Ramadan. Karena memang 17 agustus 1945 ini bertepatan dengan 9 ramadan 1367 H. Jadi dua hari lagi kalo berdasarkan kalender Qomaryah, kita mestinya merayakan kemerdekan.
Hal ini dengan tegas menyindir komentar2 yang menyatakan Ramadan tuh identik dengan akreatifitas. Karena bawannya capek melulu. Lah, kakek-kakek kita bisa mendapatkan kemerdekaan Indonesia dari bule-bule itu masak kita kalah sama capek.
Bukan cuma itu, di awal perintah puasa, Rasul juga sudah berperang melawan kafir Quraysi dan menang. Padahal kita kalah dalam jumlah prajurit. Nggak salah dong kalau ramadan disebut bulan penuh berkah.
Selain itu, juga ada peristiwa fathul Mekah dan Ain Jalut. Semuanya terjadi dibulan ini. Apalagi pada peristiwa Ain Jalut, dibawah kepemimpinan Shalahuddin Al-Ayyubi tentara Islam berhasil menorehkan malu pada tentara Mongol. Hebat bukan!
Jadi, apa nih kemenangan yang udah dicapai di bulan Ramadan ini?

2 komentar:

  1. Sebenerny adari awal kemerdekaan indonesia ini sudah di berkahi ya , mas, selamat menunaikan ibadah puasa salam kenal

    BalasHapus

Ayo, tinggalkan jejak... :)