Minggu, 01 Februari 2009

info: psikologi kesurupan

     Teman-teman belakangan ini sering terjadi fenomena kesurupan massal, dari salah satu perspektif kesurupan dikaitkan dengan keberadaan jin. Akan tetapi psikologi memiliki perspektif yang lain dengan pandangan umum ini.
      Dalam sudut pandang psikologi, kesurupan disebabkan oleh kondisi bawah sadar manusia yang menguasai alam sadarnya(id menguasai siperego).
Manusia memiliki kecenderungan untuk diperhatikan, suatu ketika keinginan yang kuat mencapai puncaknya dan terjadilah fenomena kesurupan itu. Tapi perlu diingat bahwa kesurupan itu tidak dibuat-dibuat, penderita benar-benar tidak menyadari apa yang dilakukannya. Kondisi ini diperkuat dengan suggesti-sugesti tertentu. Misalnya kepercayaan bahwa pada saat haid kesurupan lebih gampang terjadi. Atau kepercayaan bahwa suatu tempat angker dan banyak jinnya. Dan yang paling berperan adalah masalah psikologis yang sedang dialami penderita. Sehingga timbul halusinasi-halusinasi yang mengacu ke arah schizopernia
   Teman-teman yang melihat orang kesurupan ini akan makin memperkuat suggesti pada dirinya, bahwa tempat tersebut benar-benar angker, ia khawatir melihat kondisi temannya itu sehingga kondisi psikologisnya jadi rapuh dan  alam bawah sadarpun menguasai alam sadarnya. Akibatnya ia ikut kesurupan, inilah kenapa kesurupan itu seperti menular.
      Kekuatan alam bawah sadar itu sangat luar biasa, itulah kenapa orang yang kesurupan sangat kuat dan harus dipegangi oleh beberapa orang. Hal ini bisa dibuktikan pada saat kita dalam kondisi terdesak, misalnya ketika dikejar anjing walaupun sedang lapar . Kita tetap mampu berlari beberapa kilometer karena alam bawah sadar kita memerintahkan untuk menyelamatkan diri.
        Ketika  dibacakan ayat-ayat suci al-quran(ruqyah) , itu berarti  kita menanamkan suggesti positif pada penderita. Asma Allah bisa mengembalikan kesadaran kembali si penderita, sehimgga alam sadarnya kembali menguasai diri nya.
         Ini merupakan kajian kesurupan dsari perspektif psikologi yang notabene berkembang di barat. Kebenarannya, wallahualam................
(dari:berbagai sumber)

7 komentar:

  1. yg sy tau, kesurupan brt alam bwh sdr lg dikuasai jin. spt dihipnotis gtu deh. lupa referensinya

    BalasHapus
  2. kalau ksurupannya sampai mengubah suara aslinya ataupun pengetahuan2nya gmn?

    BalasHapus
  3. ya, ini kan lain lagi perspektifnya

    BalasHapus
  4. hehehe...
    ya, ga bisa jawab juga nih

    BalasHapus
  5. mungkin adakalanya itu memang peristiwa psikologis biasa..tapi adakalanya memang dalam artian kesurupan sebenarnya..

    BalasHapus
  6. komentar yang sangat bijaksana.......... syukron!

    BalasHapus

Ayo, tinggalkan jejak... :)